Latest News

Penulisan Kata Serapan

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
MEMPERBAIKI KESALAHAN PENULISAN KATA SERAPAN

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Soal di atas menanyakan perbaikan kata serapan yang tidak sempurna dalam paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk dalam ruang lingkup bahan menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji  memperbaiki kesalahan penggunaan kata.
(Baca BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018BAHASA INDONESIA SMA/MA)

Kata serapan yakni kata-kata bahasa Indonesia yang diserap dari banyak sekali bahasa, baik dari bahasa daerah, menyerupai bahasa Jawa, Sunda, dan Bali, maupun dari bahasa asing, menyerupai bahasa Sanskerta, Arab, Portugis, Belanda, Cina, dan Inggris. Kaidah peresapan unsur Asing diatur dalam fatwa umum ejaan bahasa Indonesia.
Perbaikan kata serapan yang sesuai dengan fatwa umum ejaan bahasa Indonesia pada paragraf di atas yakni sebagai berikut.

No
Penulisan unsur serapan yang tidak sesuai kaidah
Penulisan unsur serapan yang sesuai kaidah
1
interperetasi
interpretasi
2
inplikasi
implikasi
3
inves
investasi

RINGKASAN MATERI
PENULISAN UNSUR SERAPAN
Dalam perkembangannya bahasa Indonesia menyerap unsur dari banyak sekali bahasa, baik dari bahasa daerah, menyerupai bahasa Jawa, Sunda, dan Bali, maupun dari bahasa asing, menyerupai bahasa Sanskerta, Arab, Portugis, Belanda, Cina, dan Inggris. Berdasarkan taraf integrasinya, unsur serapan dalam bahasa Indonesia sanggup dibagi menjadi dua kelompok besar. Pertama, unsur gila yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indonesia, menyerupai force majeur, de facto, de jure, dan l’exploitation de l'homme par l'homme. Unsur-unsur itu digunakan dalam konteks bahasa Indonesia, tetapi cara pengucapan dan penulisannya masih mengikuti cara asing. Kedua, unsur gila yang penulisan dan pengucapannya diadaptasi dengan kaidah bahasa Indonesia. Dalam hal ini, peresapan diusahakan semoga ejaannya diubah seperlunya sehingga bentuk Indonesianya masih sanggup dibandingkan dengan bentuk asalnya.
Kaidah ejaan yang berlaku bagi unsur serapan itu antara lain sebagai berikut.

aa (Belanda) menjadi a
paal pal
baal bal
octaaf oktaf


ae tetap ae jikalau tidak bervariasi dengan e
aerobe aerob
aerodinamics aerodinamika


ae, jikalau bervariasi dengan e, menjadi e
haemoglobin hemoglobin
haematite hematit


ai tetap ai
trailer trailer
caisson kaison

e tetap e
effect e
fek
description deskripsi
synthesis sintesis

-or tetap -or
dictator
diktator
corrector
korektor
distributor
distributor


-ty (Inggris), -teit (Belanda) menjadi -tas
university, universiteit
universitas
quality, kwaliteit
kualitas
quantity, kwantiteit
kuantitas

Catatan: Kaidah ejaan yang berlaku bagi unsur serapan secara lengkap sanggup dibaca di fatwa umum ejaan bahasa Indonesia.

0 Response to "Penulisan Kata Serapan"

Total Pageviews