PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTsMENGIDENTIFIKASI KALIMAT YANG TIDAK EFEKTIF DENGAN TEPAT
Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup bahan menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu mengatakan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup bahan menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu mengatakan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.
Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat, ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif ialah kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat yang tidak efektif ialah kalimat (1) sebab tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (1) sebagai berikut.
a. Banyak remaja-remaja yang menyukai olahraga. (tidak hemat)
b. Banyak dewasa yang menyukai olahraga. (hemat)
RINGKASAN MATERI
A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif ialah kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B. Syarat Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas belum dewasa hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas belum dewasa hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak yang arif berbicara, arif bergaul, dan arif berguru niscaya disukai banyak temannya.
b. Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan Subjek
a. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan Bentuk Sinonim
a. Menjaga kebersihan sekolah ialah merupakan tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)
BACA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan inspirasi pokok paragraph
2, Menentukan makna kata/istilah
3. Menentukan kalimat yang menandakan etika tokoh
4. Menentukan konflik cerita
5. Menentukan Amanat cerita
6.Menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi teks
7. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
8. Menyimpulkan isi teks
9. Menyusun urutan kalimat banyak sekali teks
10. Mengidentifikasi kalimat tidak efektif
11. Melengkapi teks prosedur
12. Menggunakan Kata Bentukan
13. Menentukan tokoh utama cerita
14. Menentukan keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi
15. Menentukan inspirasi pokok paragraph
16. Menulis dengan ilustrasi tertentu
17. Penulisan nama geografi, kata berimbuhan, dan kata ulang
18. Menentukan informasi tersurat teks
1. Menentukan inspirasi pokok paragraph
2, Menentukan makna kata/istilah
3. Menentukan kalimat yang menandakan etika tokoh
4. Menentukan konflik cerita
5. Menentukan Amanat cerita
6.
7. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
8. Menyimpulkan isi teks
9. Menyusun urutan kalimat banyak sekali teks
10. Mengidentifikasi kalimat tidak efektif
11. Melengkapi teks prosedur
12. Menggunakan Kata Bentukan
13. Menentukan tokoh utama cerita
14. Menentukan keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi
15. Menentukan inspirasi pokok paragraph
16. Menulis dengan ilustrasi tertentu
17. Penulisan nama geografi, kata berimbuhan, dan kata ulang
18. Menentukan informasi tersurat teks
0 Response to "Pembahasan Soal Un 2016/2017 Bahasa Indonesia Smp/Mts: Mengidentifikasi Kalimat Yang Tidak Efektif"