Latest News

Pembahasan Soal Un 2016/2017 Bahasa Indonesia Smp/Mts: Mengidentifikasi Kalimat Yang Tidak Efektif

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTsMENGIDENTIFIKASI KALIMAT YANG TIDAK EFEKTIF DENGAN TEPAT



Kunci Jawaban         : D
Pembahasan    :

Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup bahan menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu mengatakan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.


Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.

Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.

Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif ialah kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat yang tidak efektif ialah kalimat (1) sebab tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).

Analisis kalimat (1) sebagai berikut.
a.         Banyak remaja-remaja yang menyukai olahraga. (tidak hemat) 
b.        Banyak dewasa yang menyukai olahraga. (hemat)


RINGKASAN MATERI
A.      Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif ialah kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan
Contoh:
a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk
a.    Tugas belum dewasa hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas belum dewasa hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan
a.    Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang arif berbicara, arif bergaul, dan arif berguru niscaya disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa  itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah ialah merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat) 
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)


0 Response to "Pembahasan Soal Un 2016/2017 Bahasa Indonesia Smp/Mts: Mengidentifikasi Kalimat Yang Tidak Efektif"

Total Pageviews