RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 16
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam dongeng pendek
B. Kompetensi Dasar
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri dongeng pendek yang pernah dibaca
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mencatat rangkaian insiden dalam cerpen yang pernah dibaca
2. Mampu menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang pernah dibaca
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup menuliskan kembali dengan kalimat sendiri dongeng pendek yang pernah dibaca dengan penuh tanggung jawab.
E. Nilai PBKB
- Percaya Diri
- Kedemokratisan
- Tanggung Jawab
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Percaya Diri
menceritakan kembali cerpen yang pernah dibaca
mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
- Kedemokratisan
mampu berdiskusi
memberikan penilaian
memilih satu hasil terbaik
- Tanggung Jawab
membaca cerpen yang sudah disediakan
menempel hasil kerja kelompok pada papan pajangan
G. Materi Pembelajaran
- Rangkaian insiden dalam cerpen.
- Penceritaan kembali cerpen
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerpen (fokus pada cerpen- cerpen yang sudah dibaca siswa) 3. Guru memberikan KD, indikator, tujuan, dan manfaat pembelajaran. 4. Siswa mendapatkan klarifikasi guru mengenai cakupan bahan secara umum dan alur acara dalam pembelajaran secara sekilas dan jelas | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru ihwal hal-hal yang berkaitan dengan cerpen (fokus pada rangkaian insiden dari cerpen yang sudah pernah dibaca siswa). 2. Salah satu siswa menceritakan kembali cerpen yang pernah dibaca dengan memakai kalimat sendiri . (percaya diri) Elaborasi 1. Secara perseorangan siswa membaca dalam hati cerpen yang telah disediakan guru (tanggung jawab) 2. Secara berkelompok (4 –5 orang) siswa mendiskusikan rangkaian insiden dalam cerpen tersebut dan mencatatnya di lembar kerja 3. Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok. 4. Kelompok lain memperlihatkan evaluasi sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disediakan dan menyertakan alasan (kedemokratisan) 5. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan pajangan Konfirmasi 1. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru berkaitan dengan rangkaian insiden dalam cerpen 2. Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru. | |||
C. | Penutup | 15’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara menyusun rangkaian insiden dalam cerpen 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: percaya diri, kedemokratisan dan tanggung jawab 5. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru menanyakan kepada siswa ihwal hal-hal yang berkaitan dengan rangkaian insiden dalam cerpen sesuai dengan capaian kompetensi pada pertemuan sebelumnya. Elaborasi 2. Siswa secara perorangan menuliskan kembali isi cerpen yang dibaca dengan memakai kalimat sendiri menurut rangkaian insiden yang telah disusun bersama dalam kelompok pada pertemuan pertama. 3. Siswa saling membaca hasil kerja teman satu kelompok dan menentukan satu hasil terbaik. 4. Tiap kelompok membacakan hasil kerja terbaik kelompok masing-masing 5. Kelompok lain memperlihatkan evaluasi sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disediakan dan menyertakan alasan 6. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan pajangan Konfirmasi 7. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru 8. Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru | |||
C. | Penutup | 15’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang teknik menceritakan kembali isi cerpen secara tertulis 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: percaya diri, kedemokratisan dan tanggung jawab. 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur ( menuliskan kembali isi cerpen lain (I) dengan memakai kalimat sendiri) dan acara berdikari tidak terstruktur (menuliskan kembali isi cerpen lain (II) dengan memakai kalimat sendiri 7. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 81 – 83)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Buku antologi cerpen
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 53-60
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : --------
c. Soal/ Instrumen :
Bacalah sebuah cerpen lalu kerjakan kiprah berikut!
1) Catat rangkaian insiden dalam cerpen yang kalian baca!
2) Tulislah kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang kalian baca tersebut!
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
Soal Nomor 2) |
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Kesesuaian isi | Isi dongeng yang ditulis sesuai dengan rangkaian insiden yang disusun | ||||
2 | Keaslian kalimat | Menggunakan kalimat sendiri untuk menuliskan kembali isi cerpen yang pernah dibaca | ||||
3 | Struktur kalimat | Struktur kalimat yang dipakai terperinci dan gampang dipahami |
Skor total maksimal soal 1 dan 2 = 15 + 12 = 17
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
17 |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Percaya Diri | Kedemokratisan | Tanggung Jawab | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 8.1 Menulis Cerpen Kelas Ix/1 Kurikulum 2006 (Ktsp)"