RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Meresensi buku ilmu pengetahuan
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu menulis data buku yang dibaca
2. Mampu menulis ikhtisar isi buku
3. Mampu mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku
4. Mampu menuliskan nilai buku
5. Mampu menulis resensi buku
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup meresensi buku ilmu pengetahuan dengan rasa ingin tahu dan cinta ilmu.
E. Nilai PBKB
1. Keingintahuan
2. Cinta Ilmu
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Keingintahuan
a. mencermati contoh-contoh resensi buku
b. membaca buku ilmu pengetahuan
2. Cinta Ilmu
a. menuliskan pokok-pokok resensi dari buku ilmu pengetahuan
b. mampu membuatkan pokok-pokok resensi menjadi resensi utuh
G. Materi Pembelajaran
- Data buku
- Ikhtisar isi buku
- Kelebihan dan kekurangan buku
- Nilai buku
- Penulisan resensi
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang resensi buku. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan resensi buku 2. Siswa mencermati tumpuan sebuah resensi buku dan buku yang diresensi. (cinta ilmu) Elaborasi 3. Secara berkelompok (4 – 5 orang ) siswa mengidentifikasi pokok-pokok resensi buku (identitas buku, ikhtisar isi buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) (keingintahuan) 4. Wakil setiap kelompok menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 5. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 6. Siswa memberikan evaluasi dengan format evaluasi yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 7. Guru menawarkan konfirmasi pada semua karya siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi buku (fokus pada butir- butir dalam resensi buku) 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari menganalisis resensi buku? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan dan Cinta Ilmu 5. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru menanyakan kembali kepada siswa wacana pokok-pokok resensi buku (identitas buku, ikhtisar isi buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) menyerupai yang sudah diidentifikasi pada pertemuan pertama 2. Guru menawarkan klarifikasi lagi secara singkat wacana resensi buku (Guru memperlihatkan kembali tumpuan resensi dan buku yang diresensi) Elaborasi 3. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terditi atas empat hingga dengan lima orang menyerupai kelompok pertemuan lalu. 4. Tiap siswa dalam satu kelompok menerima kiprah untuk menuliskan pokok-pokok resensi 5. Secara roll table , hasil kerja siswa dibaca teman untuk didiskusikan 6. Siswa menyusun resensi buku pengetahuan 7. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 8. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 9. Siswa memberikan evaluasi dengan format evaluasi yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 10. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 11. Dengan instruksi dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau final mengenai penulisan resensi buku ilmu pengetahuan | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi buku. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: a. Apa perasaan kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? b. Apa manfaat yang sanggup kalian petik dari menulis resensi buku? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan dan Cinta Ilmu; 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (membaca buku pengetahuan dan menulis resensi buku tersebut) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membuat kliping resensi buku ilmu pengetahuan). 7. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 48 – 50)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Contoh-contoh resensi buku ilmu pengetahuan dari surat kabar/majalah
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 26-30
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : -----
c. Soal/Instrumen :
Berdasarkan buku yang kau pilih, kerjakan kiprah berikut. 1) Tulislah data buku yang kau pilih! 2) Tulislah ikhtisar isi buku! 3) Daftarlah butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku 4) Tulislah pendapat eksklusif sebagai jawaban atas isi buku 5) Padukan ikhtisar dan jawaban eksklusif ke dalam goresan pena yang utuh d. Pedoman Penskoran dan Rubrik Pedoman Penskoran Soal Nomor 1)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 2)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 3)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 4)
|
Rubrik Menulis Surat Dinas
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Kesesuaian isi | Isi resensi sesuai dengan ikhtisar, kelebihan dan kekurangan buku, serta jawaban eksklusif yang telah disusun | | | | |
2 | Penggunaan bahasa | Bahasa yang dipakai terperinci dan komunikatif | | | | |
3 | Kerapian tulisan | Ditulis dengan goresan pena yang rapi | | | | |
Skor maksimal:
No 1) = 5
No 2) = 30
No 3) = 20
N0 4) = 10
No 5) = 12
Jumlah = 77
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 77 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Keingintahuan | Cinta Ilmu | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 4.2 Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 (Ktsp)"