Latest News

Kisi-Kisi  Soal Uji Coba Ujian Nasional 2017/2018 Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa kelas IX yang berbahagia,

Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN)  tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi bahan dan prediksi pokok-pokok soal UN 2018.
Kisi-kisi berikut dikembangkan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri menurut kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini sanggup dipakai oleh guru untuk menyebarkan soal latihan atau soal uji coba UN.
Bagi siswa, kisi-kisi ini sanggup dipakai sebagai pola mempelajari materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia

KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Disusun menurut kisi-kisi UN 2017/2018 SMP/MTs. dari BSNP)



BACA JUGA: KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA

No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-   Memaknai
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, siswa bisa memilih makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, siswa bisa memilih makna kalimat tertentu pada paragraf
2.       
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
4.       
Disajikan teks biografi, siswa bisa memilih keistimewaan tokoh dengan tepat
5.       
Disajikan teks biografi, siswa bisa memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dengan tepat
6.       
Disajikan teks biografi, siswa bisa mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
7.       
Menentukan cuilan teks
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih cuilan tertentu (simpulan) pada teks dengan tepat
8.       
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menentukan wangsit pokok
Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan wangsit pokok  paragraf dengan tepat.

9.       
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama dalam paragraf dengan sempurna
10.   
Menyimpulkan isi teks
Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
11.   
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disajikan paragraf, siswa memilih kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan pada paragraf dengan sempurna
12.   
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat yang merupakan pendapat pendukung
13.   
Meringkas isi teks
Disajikan kutipan yang terdiri atas dua paragraf, siswa bisa menciptakan ringkasan dengan tepat
14.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, siswa bisa membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
15.   
Disajikan dua buah teks (teks informasi dan teks ulasan/resensi), siswa bisa membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
16.   
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks dengan tepat
17.   
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan kelemahan buku pada teks dengan tepat
18.   
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengomentari isi teks dengan tepat.
19.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan puisi, siswa bisa mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat.
20.   
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fable, siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat
21.   
menentukan cuilan cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih cuilan cerpen (alur) dengan tepat
22.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna simbol dalam kutipan dengan  dengan tepat.
23.   
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat.
24.   
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan fabel, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.
26.   
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa bisa memilih penyebab konflik dalam kutipan dengan sempurna
27.   
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa bisa memilih akhir dalam kutipan dengan tepat
28.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
29.   
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan kutipan fabel, siswa bisa membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan tepat
30.   
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan penggalan cerita, siswa bisa mengatakan kalimat yang mengambarkan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
31.   
Disajikan penggalan cerita, siswa bisa mengatakan kalimat bukti wacana seting/latar kisah dengan tepat.
32.   

Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Disajikan penggalan fabel, siswa bisa mengaitkan fabel kehidupan masa sekarang dengan tepat.
33.   
Disajikan penggalan cerpen, siswa bisa mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat.
34.   
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa bisa mengatakan keunggulan kisah dengan tepat.
35.   
Disajikan penggalan fabel/cerpen , siswa bisa mengatakan kelemahan kisah  dengan tepat.
36.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan rumpang dengan istilah/kata dengan tepat.
37.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menyusun urutan kalimat aneka macam jenis teks
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
38.   
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat.
39.   
melengkapi paragraf
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
40.   
melengkapi cuilan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan cuilan teks  yang tepat.
41.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa sanggup memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
42.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
43.   
menulis dengan gambaran tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, siswa bisa menulis
44.   
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan teks tertentu, siswa bisa mengubah ke bentuk teks yang lain.
45.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata  yang dipakai secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
46.   
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif,  siswa bisa mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
47.   
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
48.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi cuilan rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan)dengan tepat.
49.   
mengisi konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi cuilan rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
50.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat.
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, , siswa bisa memperbaiki paragraf dengan menghilangkan kalimat yang tidak padu dengan tepat
52.   
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
53.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat  dengan tepat.
54.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-        Memaknai
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
55.   
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda
baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
56.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip


Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa bisa memakai kata depan dengan tepat.
57.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa bisa memakai tanda titik dua dengan tepat.
58.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


59.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa bisa memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
60.   
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan karakter kapital siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
61.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
62.   


RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:

1.       Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks


2.       Pernyataan yang sesuai dengan isi teks


3.       Makna kata dalam teks


4.       Ide pokok paragraf


5.       Kalimat utama paragraf


6.       Simpulan paragraf


7.       Kalimat persetujuan dalam teks


8.       Kalimat kekerabatan lantaran akibat


9.       Kalimat yang mengatakan (bukti) tabiat tokoh cerita


10.   Konflik dalam cerita


11.   Amanat cerita


12.   Kalimat yang tidak padu dalam teks


13.   Peristiwa yang tergambar dalam teks


14.   Teks laporan


15.   Urutan kalimat teks sastra


16.   Mengubah teks ke bentuk teks lain


17.   Perbaikan penulisan ejaan


18.   Perbaikan kalimat (kalimat efektif)


19.   Ringkasan teks


20.   Tokoh utama cerita


21.   Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik


22.   Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita


23.   Kalimat yang menyatakan keunngulan buku


24.   Struktur teks resensi


25.   Pendapat pro dan kontra


26.   Jenis-jenis teks mekanisme


27.   Melengkapi teks prosedur


28.   Menyunting teks prosedur


29.   Keistimewaan tokoh dalam teks biografi


30.   Keteladanan tokoh dalam teks biografi


31.   Fakta dan opini dalam teks biografi


32.   Membandingkan nilai moral dua teks fabel


33.   Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel


34.   Bagian-bagian teks ulasan film/drama


35.   Cara memvariasikan kalimat


36.   Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)


37.   Makna simbol dalam cerpen


38.   Menentukan cuilan alur cerpen


39.   Syarat-syarat paragraf yang baik


40.   Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna


41.   Melengkapi kalimat dengan kata bentukan


42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat


43.   Melengkapi kalimat dengan kata penghubung


44.   Kalimat tidak efektif


45.   Alasan penggunaan kata yang salah


46.   Penulisan karakter kapital


47.   Penggunaan ejaan yang tidak tepat


48.   Kesalahan penggunaan tanda baca


49.   Penggunaan ejaan yang tepat


50.   Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca


0 Response to "Kisi-Kisi  Soal Uji Coba Ujian Nasional 2017/2018 Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Total Pageviews