Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa kelas IX yang berbahagia,
Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi bahan dan prediksi pokok-pokok soal UN 2018.
Kisi-kisi berikut dikembangkan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri menurut kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini sanggup dipakai oleh guru untuk menyebarkan soal latihan atau soal uji coba UN. Bagi siswa, kisi-kisi ini sanggup dipakai sebagai pola mempelajari materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia
KISI-KISI SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018(Disusun menurut kisi-kisi UN 2017/2018 SMP/MTs. dari BSNP)
BACA JUGA: KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
No. | Aspek | Level Kognitif | Indikator Materi | Indikator Soal | No. |
1 | Membaca Nonsastra | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menentukan makna kata/kalimat pada teks | Disajikan kalimat, siswa bisa memilih makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat | 1. |
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, siswa bisa memilih makna kalimat tertentu pada paragraf | 2. | ||||
Menentukan informasi tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat. | 3. | |||
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat. | 4. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa bisa memilih keistimewaan tokoh dengan tepat | 5. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa bisa memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dengan tepat | 6. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa bisa mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat | 7. | ||||
Menentukan cuilan teks | Disajikan paragraf, siswa bisa memilih cuilan tertentu (simpulan) pada teks dengan tepat | 8. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menentukan wangsit pokok | Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan wangsit pokok paragraf dengan tepat. | 9. | ||
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama dalam paragraf dengan sempurna | 10. | ||||
Menyimpulkan isi teks | Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | 11. | |||
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks | Disajikan paragraf, siswa memilih kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan pada paragraf dengan sempurna | 12. | |||
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat yang merupakan pendapat pendukung | 13. | ||||
Meringkas isi teks | Disajikan kutipan yang terdiri atas dua paragraf, siswa bisa menciptakan ringkasan dengan tepat | 14. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks | Disajikan dua buah teks, siswa bisa membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat. | 15. | ||
Disajikan dua buah teks (teks informasi dan teks ulasan/resensi), siswa bisa membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat. | 16. | ||||
Menilai keunggulan/kelemahan teks | Disajikan penggalan teks ulasan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks dengan tepat | 17. | |||
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan kelemahan buku pada teks dengan tepat | 18. | ||||
Mengomentari isi teks | Disajikan penggalan teks, siswa bisa mengomentari isi teks dengan tepat. | 19. | |||
2 | Membaca Sastra | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel | Disajikan puisi, siswa bisa mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat. | 20. |
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen/fable, siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat | 21. | |||
menentukan cuilan cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih cuilan cerpen (alur) dengan tepat | 22. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat. | 23. | ||
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel | Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat. | 24. | |||
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | 25. | ||||
Disajikan kutipan fabel, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | 26. | ||||
Menyimpulkan sebab/akibat konflik | Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa bisa memilih penyebab konflik dalam kutipan dengan sempurna | 27. | |||
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa bisa memilih akhir dalam kutipan dengan tepat | 28. | ||||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat. | 29. | ||
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel | Disajikan kutipan fabel, siswa bisa membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan tepat | 30. | |||
menunjukkan bukti latar dan watak | Disajikan penggalan cerita, siswa bisa mengatakan kalimat yang mengambarkan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat. | 31. | |||
Disajikan penggalan cerita, siswa bisa mengatakan kalimat bukti wacana seting/latar kisah dengan tepat. | 32. | ||||
Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Disajikan penggalan fabel, siswa bisa mengaitkan fabel kehidupan masa sekarang dengan tepat. | 33. | |||
Disajikan penggalan cerpen, siswa bisa mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat. | 34. | ||||
mengomentari unsur intrinsik karya sastra | Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa bisa mengatakan keunggulan kisah dengan tepat. | 35. | |||
Disajikan penggalan fabel/cerpen , siswa bisa mengatakan kelemahan kisah dengan tepat. | 36. | ||||
3 | Menulis Terbatas | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | melengkapi istilah/kata dalam kalimat | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan rumpang dengan istilah/kata dengan tepat. | 37. |
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | menyusun urutan kalimat aneka macam jenis teks | Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat. | 38. | ||
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat. | 39. | ||||
melengkapi paragraf | Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 40. | |||
melengkapi cuilan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) | Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan cuilan teks yang tepat. | 41. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memvariasikan kata | Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa sanggup memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat. | 42. | ||
Memvariasikan kalimat | Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat. | 43. | |||
menulis dengan gambaran tertentu | Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, siswa bisa menulis | 44. | |||
Mengubah teks ke bentuk lain | Disajikan teks tertentu, siswa bisa mengubah ke bentuk teks yang lain. | 45. | |||
4 | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah | Disajikan paragraf dengan dua kata yang dipakai secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 46. |
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah | Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa bisa mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat. | 47. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 48. | ||||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata) | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi cuilan rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan)dengan tepat. | 49. | ||
mengisi konjungsi dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi cuilan rumpang dengan kata penghubung dengan tepat. | 50. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat. | 51. | ||
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, , siswa bisa memperbaiki paragraf dengan menghilangkan kalimat yang tidak padu dengan tepat | 52. | ||||
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat. | 53. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa bisa memilih alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat. | 54. | ||||
5 | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat. | 55. |
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat. | 56. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menggunakan ejaan | Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa bisa memakai kata depan dengan tepat. | 57. | ||
Menggunakan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa bisa memakai tanda titik dua dengan tepat. | 58. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat. | 59. | ||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa bisa memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat. | 60. | |||
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan karakter kapital siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat. | 61. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat. | 62. |
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat kekerabatan lantaran akibat
9. Kalimat yang mengatakan (bukti) tabiat tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks mekanisme
27. Melengkapi teks prosedur
28. Menyunting teks prosedur
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31. Fakta dan opini dalam teks biografi
32. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
33. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35. Cara memvariasikan kalimat
36. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37. Makna simbol dalam cerpen
38. Menentukan cuilan alur cerpen
39. Syarat-syarat paragraf yang baik
40. Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
41. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
43. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44. Kalimat tidak efektif
45. Alasan penggunaan kata yang salah
46. Penulisan karakter kapital
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Kesalahan penggunaan tanda baca
49. Penggunaan ejaan yang tepat
50. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 Response to "Kisi-Kisi Soal Uji Coba Ujian Nasional 2017/2018 Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"