Latest News

Melengkapi Teks Argumentasi

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 35
MELENGKAPI BAGIAN RUMPANG TEKS ARGUMENTASI

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Soal di atas menanyakan kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks argumentasi.

BACA BEDAHKISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA

Teks argumentasi yaitu teks yang mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang kuat. Teks di atas berisi perintah gubernur (pendapat) semoga penderita tuberculosis (Tb) menuntaskan proses penyembuhan. Teks tersebut belum mencantumkan lantaran (alasan) mengapa penderita Tb harus menuntaskan proses penyembuhan.
Untuk melengkapi paragraf argumentasi harus memahami isi paragraf dan menemukan hubungan yang bersahabat antara pendapat dan alasan pendukung atau kalimat lantaran dan akhir dalam paragraf.
Kalimat lantaran (alasan) yang sempurna untuk melengkapi teks paragraf yang berisi pendapat agar penderita tuberculosis (Tb) menuntaskan proses penyembuhan yaitu lantaran pengobatan berhenti di tengah jalan akan menciptakan penyakit lebih parah (jawaban D).

RINGKASAN MATERI
Teks Argumentasi
Teks Argumentasi yaitu teks yang bertujuan memberikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
Langkah-langkah melengkapi teks argumentasi

  1. Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks argumentasi yaitu teks yang mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang kuat. Kalimat-kalimat dalam teks argumentasi berisi kata-kata yang bertujuan meyakinkan pendapat disertai alasan atau bukti-bukti pendukung.
  2. Cermati isi kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan. Temukan hubungan lantaran akhir atau pendapat dan dasar penyampaian pendapat.
  3. Pilihlah kalimat yang berafiliasi dengan kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya mempunyai hubungan kausalitas atau hubungan lantaran akibat.
Contoh paragraf argumentasi
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting yaitu rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.        
Contoh soal
Pelayanan kesehatan di banyak sekali daerah di tanah air belum berorientasi kepada pasien. Hal ini ditandai oleh maraknya derma obat antibiotik yang tidak sesuai dengan kondisi klinis. Pemakaian antibiotik yang melebihi kebutuhan sanggup menyebabkan resistensi dalam badan pasien. Kuman penyakit dalam badan menjadi kebal. Oleh lantaran itu,....  
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.        perlu ditumbuhkan perilaku kritis masyarakat terhadap kesehatan.
B.        pasien harus selalu mematuhi semua arahan dari dokter.
C.        pasien harus pasrah pada layanan kesehatan yang diterima.
D.        setiap penyakit harus diobati dengan antibiotik.
E.         dokter harus selalu memperhatikan harapan pasiennya.

BACA JUGA PEMBAHASAN JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATERI UN 2017/2018

0 Response to "Melengkapi Teks Argumentasi"

Total Pageviews