Latest News

Rpp Teks Drama Kelas Viii Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KE-8


Satuan Pendidikan
: SMP N 1
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/2
Materi Pokok
: TEKS DRAMA
Alokasi Waktu
: 4 x Pertemuan (12 JP)


A.                Kompetensi Inti

KI-1       :    Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya

KI-2       :    Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3       :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

KI-4       :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.15
Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
3.15.1
Memperhatikan contoh model teks drama
3.15.2
Merumuskanpengertian/karakteristik drama.
4.15
Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
4.15.1
Mendiskusikan unsur-unsur dan isi teks drama
4.15.2
Mengidentifikasi isi teks drama
4.15.3
Menanggapi dan melaporkan secara verbal dan tulis isi teks drama yang ditonton

3.16
Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
3.16.1
Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
3.16.2
Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
4.16
Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
4.16.1
Menulis teks drama
4.16.2
Mementaskan drama secara berkelompok



C.                Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Setelah memperhatikan suatu model teks drama, akseptor didik sanggup :

a.       Mengidentifikasi pengertian, karakteristik teks drama yang dibaca dan ditonton/didengar

b.      Merumuskan karakteristik teks drama yang dibaca dan ditonton/didengar

Fokus nilai-nilai sikap

-          Ketelitian

-          Peduli


Pertemuan Kedua

Setelah memperhatikan teks drama, akseptor didik sanggup :

a.       Mendiskusikan unsur-unsur dan isi teks drama

b.      Menanggapi dan melaporkan secara verbal dan atau tulis isi drama yang ditonton


Fokus nilai-nilai sikap

-          Ketelitian

-          Peduli


Pertemuan Ketiga

Setelah memperhatikan teks drama, akseptor didik dapat:

a. Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama

b. Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya

Fokus nilai-nilai sikap

-          Peduli


Pertemuan Keempat

Setelah mempelajari teks drama, akseptor didik sanggup :

a.       Menulis teks drama

b.      Mementaskan drama secara berkelompok


Fokus nilai-nilai sikap

-          Peduli

-          Jujur

-          Tanggung jawab


D.                Materi Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1.      Materi Pembelajaran Reguler

(1)     Faktual

Pengertian/karakteristik teks drama

Contohteks drama

Arloji

Karya P.Hariyanto

Para Pelaku     

Jidul                 : Anak pria berumur 15 tahun

Pak Pikun        : Pembantu rumah tangga berumur sekitar 40 tahun

Ibu                   : Nyonya rumah berumur sekitar 42 tahun

Tritis                : Gadis berusia 18 tahun

       Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang terdapat aneka macam perlengkapan yang lazim di ruang tamu tetapi yang terpenting adalah seperangkat meja dan dingklik tamu kira kira pukul 09.00 drama ini terjadi.

       Dengan penuh keriangan si jidul membersihkan meja dan kursi-kursi. Kepalanya melenggut-lenggut pinggangnya bergerak-gerak seirama dengan musik dangdut yang terdengar meriah. Jidul tekejut dikala musik mendadak berhenti.

Pak Pikun  : (muncul, pribadi menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!

Jidul           : (ber-ah-uh, sambil menawarkan kode yang menyatakan ketidakmengertiannya)

Pak Pikun   : Dasar pencuri! Belum hingga sebulan di sini kau sudah kambuh lagi, ya? Dasar nggak tau diri! Ayo, kembalikan kepadaku! Mana, heh?

Jidul           : (meringkuk diam)

Pak Pikun   : (semakin keras suaranya) Jidul! Kamu mau kembalikan apa tidak? Mau insaf apa tidak? Apa mau kupanggilkan orang-orang sekampung untuk menggerebekmu? Ayo, mana?

Ibu              : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa, Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?

Pak Pikun   : Anak ini memang tidak pantas dikasihani, Bu. Dia mencuri lagi, Bu!

Ibu              : Mencuri? (tertegun) Kamu mencuri, Jidul?

Jidul           : (ber-ah-uh sambil menggoyang-goyangkan kepala dan tangannya)

Pak Pikun   : Mungkir, ya? Padahal jelas, Bu! Tadi saya mandi. Setelah itu, alroji saya tertinggal di kamar mandi. Lalu, ia masuk entah mengapa. Lalu, tidak ada lagi alroji saya, Bu.

Ibu              : O, arloji Pak Pikun hilang, begitu?

Pak Pikun   : Bukan hilang, Bu! Jelas dicurinya! Ayo, ngaku saja! Kamu ngaku saja, Jidul!

Jidul           : (ber-ah-uh mencoba menjelaskan ketidaktahuannya)

Pak Pikun   : Masih mungkir?

Ibu              : Sabar, Pak Pikun! Sabar!

Pak Pikun   : Maaf, Bu. Ini agar saya urus sendiri! (menarik Jidul) Sini!

Si Jidul       : (meloncat, lari keluar dikejar oleh Pak Pikun)

Ibu              : Sabar dulu, Pak Pikun! Diperiksa dulu! (mendesah sendiri) Ya, ampun! Orang sudah renta kok gegabah, tidak sabaran begitu.

Tritis           : (muncul membawa buku dan alat tulis) Uh, pagi-pagi sudah mencuri! Mengganggu orang berguru saja!

......................................................................................................................................

(2)  Konsep

Pengertian teks drama

Struktur teks drama

Unsur-unsur teks drama

Ciri-ciri teks drama

Penjelasan isi dari teks drama

(3)  Prosedur

Bagian-bagian struktur teks drama

Pengertian/karakteristik teks drama

Unsur-unsur teks drama



2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

a.       Menyimpulkan isi teks drama

b.      Menulis teks drama



3.      Materi Pembelajaran Remidial

a.       Pengertian teks drama

b.      Unsur-unsur teks drama

c.       Penjelasan isi teks drama

d.      Struktur teks drama

e.       Menulis teks drama




Pertemuan Kedua

1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.    Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama

b.      Mengidentifikasi isi drama

c.       Menanggapi dan melaporkan secara verbal dan atau tulis isi drama yang ditonton


2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

a.       Menginterpretasi teks drama

b.      Menulis teks drama



3.      Materi Pembelajaran Remidial

a.       Cara menginterpretasi teks drama

b.      Cara memahami isi teks drama yang ditonton


Pertemuan Ketiga

1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.       Karakteristik teks drama menurut struktur dan kaidahnya.

b.      Ciri teks drama

c.       Unsur-unsur teks drama


2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

a.       Menyimpulkan struktur teks drama



3.      Materi Pembelajaran Remidial

a.       Menyimpulkan struktur teks drama

b.      Struktur, ciri, unsur teks drama


Pertemuan keempat

1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.       Menulis teks drama

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

a.       Menulis teks drama

3.      Materi Pembelajaran Remidial

a.       Menulis teks drama



E.                 Metode Pembelajaran

1.      Paedagogik Genre

2.      Saintifik


F.                 Media dan Bahan Pembelajaran

a.       Media

1)      Tayangan rujukan drama tradisional/modern

b.      Bahan

1)      kertas manila

2)      kertas plano


G.                Sumber Belajar

Kemdikbud. 2015. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kemdikbud,

Harsiati, Titik.dkk. 2016. Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Kemdikbud : Jakarta

Kosasih.E. 2009.Mantap Bersastra Indonesia untuk SMP. Irama Widya : Bandung.


H.                Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran (PPK)

b.      Guru mengecek kehadiran akseptor didik

c.       Guru menanyakan pemahaman bahan sebelumnya.

d.      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.

e.       Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang arif menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota.


Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik memperhatikan model teks drama (LITERASI)

b.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum diketahui dari contoh model teks drama

c.       Peserta didik  mengumpulkan warta perihal teks drama dari buku teks Peserta didik.

d.      Peserta didik  berdiskusi perihal teks drama dengan memakai lembar kerja dari guru.(4C=COLLABORATIVE)

e.       Guru membimbing akseptor didik  yang mengalami kesulitan.

f.       Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan aneka macam warta perihal teks drama (4C=COMMUNICATIVE)

g.      Melaksanakan tes tertulis (HOTS)


Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Guru menawarkan reviu hasil pembelajaran

b.      Guru menawarkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.

c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

d.      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


Pertemuan Kedua (3JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran

b.      Guru mengecek kehadiran .

c.       Guru bertanya jawab dengan Peserta didik perihal bahan sebelumnya.

d.      Guru memberikan cakupan materi, yaitu fungsi sosial, struktur, unsur-unsur kebahasaan dalam teks, dan acara yang akan dilakukan, yaitu acara pembelajaran yang mencakup pencermatan model, kerja kelompok/ berpasangan, dan kerja individual.

e.       Guru memberikan lingkup penilaian, yaitu evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta teknik evaluasi yang akan digunakan, yaitu observasi dan tes tulis.

f.       Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang arif menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota


Kegiatan Inti (100 Menit)

a.       Peserta didik berkelompok membaca pemahaman isi teks drama

b.      Peserta didik menciptakan pertanyaan perihal hal yang dideskripsikan perihal isi teks drama

c.       Peserta didik mencari balasan atas pertanyaan yang mereka susun dari buku teks.

d.      Peserta didik berdiskusi perihal isi teks drama

e.       Guru membimbing akseptor didik  yang mengalami kesulitan.

f.       Peserta didik menciptakan kesimpulan perihal isi teks drama

g.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya perihal teks drama

h.      Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk diberi penilaian


Kegiatan Penutup (10 Menit)

a.       Guru menawarkan reviu hasil pembelajaran

b.      Guru menawarkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.

c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari

d.      Guru menawarkan kiprah secara berdikari untuk menciptakan kesimpulan perihal  teks drama

e.       Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


Pertemuan Ketiga (3JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran

b.      Guru mengecek kehadiran akseptor didik

c.       Guru menanyakan pemahaman bahan sebelumnya..

d.      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.

e.       Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik secara heterogen.


Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik mengamati struktur, isi, ciridan struktur dari contoh teks drama

b.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum diketahui perihal struktur teks drama

c.       Peserta didik  mengumpulkan warta perihal struktur teks drama dari buku teks Peserta didik.

d.      Peserta didik berdiskusi perihal struktur, isi, dan ciri dari rujukan teks drama dengan memakai lembar kerja dari guru.

e.       Guru membimbing akseptor didik  yang mengalami kesulitan.

f.       Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok  struktur, isi, dan ciri teks drama

g.      Melaksanakan tes tertulis


Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Guru menawarkan reviu hasil pembelajaran

b.      Guru menawarkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.

c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

d.      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


Pertemuan Keempat (3JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

a.       Peserta didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran

b.      Guru mengecek kehadiran .

c.       Guru bertanya jawab dengan Peserta didik perihal bahan sebelumnya.

d.      Guru memberikan cakupan materi, yaitu menyusun, memvariasikan dan mendemonstrasikan teks drama

e.       Guru memberikan lingkup penilaian, yaitu evaluasi keterampilan serta teknik evaluasi yang akan digunakan, yaitu praktik dan produk.

f.       Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang arif menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota


Kegiatan Inti (100 Menit)

a.       Peserta didik berkelompok mengamati contoh teks drama yang disediakan.

b.      Peserta didik menciptakan pertanyaan perihal susunan struktur, isi dan ciri dari rujukan teks drama yang disediakan.

c.       Peserta didik mencari balasan atas pertanyaan dari rujukan yang tersedia dari buku teks.

d.      Peserta didik  berdiskusi untuk menyusun teks drama yang disediakandengan memperhatikan susunan struktur, isi dan ciri teks drama.

e.       Guru membimbing akseptor didik  yang mengalami kesulitan.

f.       Peserta didik mementaskan hasil diskusi tentang teks drama yang telah dibuat.


Kegiatan Penutup (10 Menit)

a.       Guru menawarkan reviu hasil pembelajaran

b.      Guru menawarkan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.

c.       Guru dan Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari

d.      Guru menawarkan kiprah secara berdikari untuk menyusun teks drama yang disediakan) dengan memperhatikan susunan struktur, isi, ciri dan unsur teks drama.

e.       Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


I.                   Penilaian

Teknik Penilaian

a.       Sikap (Observasi/jurnal)

b.      Pengetahuan

-          Tes tertulis

c.       Keterampilan

-          Produk

-          Praktik


Pertemuan Pertama dan Pertemuan Ketiga (6 JP)

-          Instrumen Penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : Sekolah Menengah Pertama N 1

Kelas/Semester     : VIII/Semester II

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3















-          Instrumen Penilaian Pengetahuan (Per. 1 Dan Per. 3)

KISI-KISI TES TERTULIS

NO
KOPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
SOAL

3.15
Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
Pengertian/karakteris -tik teks drama.
Unsur-unsur teks drama.
Penjelasan isi drama.
3.15.1
Memperhatikan suatu model teks drama
3.15.2
Merumuskan pengertian/karakteristik drama.
3.15.3
Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
1.        Disajikan sebuah teks drama
2.        Peserta didik menentujkan ciri-ciri teks drama
3.        Disajikan sebuah model teks drama
4.        Peserta didik menentujkan ciri-ciri teks drama
5.        Disajikan sebuah teks drama
6.        Peserta didik menentujkan ciri-ciri teks drama
7.        Peserta didik sanggup menyebutkan struktur teks drama
8.        Disajikan sebuah model teks drama.
9.        Peserta didik memilih unsur teks drama

3.16
Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
Karakteris-tik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
3.16.1
Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
Disajikan sebuah teks Pantun.
Peserta didik memilih struktur
a.       Disajikan sebuah model teks drama
Peserta didik memilih struktur
a.       Disajikan sebuah teks drama
b.      Peserta didik memilih unsur yang dipakai



-          Soal Pengetahuan (Pertemuan Pertama)

1.      Tuliskan ciri-ciri teks drama!

2.      Tuliskanisi teks drama!

3.      Tuliskan struktur teks drama!

4.      Tuliskan unsur teks drama?



-          Soal Pengetahuan (Pertemuan ketiga)

1.      Tuliskanstruktur teks drama

2.      Tuliskan ciri teks drama!





RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

PERTEMUAN PERTAMA

NO
URAIAN
SKOR
JUMLAH
1
Dapat memilih ciri umum dengan tepat
a.       Skor 4 kalau sanggup menuliskan 4 ciri teks drama
b.      Skor3 kalau sanggup menuliskan 3 ciri teks drama
c.       Skor2 kalau sanggup menuliskan 2 ciri teks drama
d.      Skor1 kalau sanggup menuliskan 1 ciri teks drama


2
Dapat memilih ciri umum dengan tepat
a.       Skor 4 kalau sanggup menuliskan 4 unsur
b.      Skor3 kalau sanggup menuliskan 3 unsur
c.       Skor2 kalau sanggup menuliskan 2 unsur
d.      Skor1 kalau sanggup menuliskan 1 unsur


3
Dapat menentukan  ciri umum dengan tepat
a.       Skor 4 kalau sanggup menuliskan 4 ciri teks drama
b.      Skor3 kalau sanggup menuliskan 3 ciri teks drama
c.       Skor2 kalau sanggup menuliskan 2 ciri teks drama
d.      Skor1 kalau sanggup menuliskan 1 ciri teks drama


4
Dapat menyebutkan struktur, isi, ciri teks drama
a.       Skor 5 kalau sanggup menyebutkan 3 struktur isi ciri
b.      Skor 3 kalau sanggup menyebutkan struktur isi ciri2 struktur
c.       Skor 1 kalau sanggup menyebutkan struktur isi ciri1 struktur


5
Dapat menyebutkan unsur teks drama
a.       Skor 5 kalau sanggup menyebutkan 3 unsur
b.      Skor 3 kalau sanggup menyebutkan 2 unsur
c.       Skor 1 kalau sanggup menyebutkan 1 unsur



Skore maksimal = 22





Nilai  = skor perolehan X 100/ 22



RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

PERTEMUAN KETIGA

NO
URAIAN
SKOR

JUMLAH
1
Dapat memilih ciri umum dengan tepat
a.       Skor 4 kalau sanggup menuliskan 4 pola pengembangan isi teks
b.      Sko 3 kalau sanggup menuliskan 3pola pengembangan isi teks
c.       Skor 2 kalau sanggup menuliskan 2pola pengembangan isi teks
d.      Skor 1 kalau sanggup menuliskan 1pola pengembangan isi teks


2
Dapat memilih ciri umum dengan tepat
a.       Skor 4 kalau sanggup menuliskan 4 kata
b.      Skor 3 kalau sanggup menuliskan 3kata
c.       Skor 2 kalau sanggup menuliskan 2kata
d.      Skor 1 kalau sanggup menuliskan1kata


3
a.       Skor 3 kalau semua lengkap
b.      Skor 2 kalau kurang lengkap
c.       Skor 1 kalau tidak lengkap


4
Dapat menyebutkan ciri-ciri
a.       Skor 3 kalau komentar lengkap
b.      Skor 2 kalau komentar kurang lengkap
c.       Skor 1 kalau komentar tidak lengkap


5
Dapat menyebutkan perbedaan  struktur teks drama
a.       Skor 5 kalau sanggup menyebutkan  3 struktur
b.      Skor 3 kalau sanggup menyebutkan  2 struktur
c.       Skor 1 kalau sanggup menyebutkan  1 struktur


6
a.       Skor 3 kalau lengkap
b.      Skor 2 kalau kurang lengkap
c.       Skor 1 kalau tidak lengkap



SKORE MAKSIMAL = 22









Instrumen Penilaian

Pertemuan Kedua dan Pertemuan Keempat (6 JP)

-          Instrumen Penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : SMP N 1

Kelas/Semester     : VIII/Semester II

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









-          Instrumen Penilaian Pengetahuan (Per. 2 Dan Per. 4)

KISI-KISI TES TERTULIS

NO
KOPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR KD
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
TLS
PRTK
1
4.15
Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
Penjelasan isi drama. Tanggapan atas drama.
4.15.1
Mengidentifikasi isi drama.
4.15.2
Menanggapi dan melaporkan secara verbal dan atau tulis isi drama yang ditonton
1.      Disajikan sebuah model teks drama
2.      Peserta didik sanggup menciptakan kesimpulan



2
4.16
Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
.Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.

Langkah-langkah pementas-an drama
4.16.1
Menulis teks drama
4.16.2
Mementaskan drama secara berkelompok












Peserta didik sanggup menulis teks drama





-          Soal Pengetahuan (Pertemuan Kedua)

1.      Disajikan sebuah teks drama, uraikan apa isi  yang terkandung pada teks dramayang disajikan?



-          Soal Pengetahuan (Pertemuan Keempat)

1.      Tulislah sebuah teks drama dengan memakai pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah.

2.      Sajikanlah sebuah model teks drama

a.       Perhatikan struktur

b.      Perhatikan isi

c.       Perhatikan unsur

d.      Perhatikan keindahan.




RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

PERTEMUAN KEDUA

NO
RINGKASAN
SKOR

JUMLAH
1.
Ketepatan
a.       Skor 5 kalau menuliskan semua   pokok-pokok isi teks drama dengan tepat
b.      Skor4 kalau terdapat satu pokok isi teks drama yang tidak tepat
c.       Skor 3 kalau terdapat dua pokok isi teks drama yang tidak tepatSkor2 kalau hanya satu pokokteks drama
d.      Skor 1 kalau tidak tidak sanggup menuliskan pokok-pokok isi teks drama dengan tepat





RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

PERTEMUAN KEEMPAT

NO
RINGKASAN
SKOR

JUMLAH
1.
Ketepatan
a.       Skor 5 kalau menuliskan semua pokok-pokok isi teks  dengan tepat
b.      Skor 4 kalau terdapat satu pokok isi teks  yang tidak tepat
c.       Skor 3 kalau terdapat dua pokok isi teks yang tidak tepat
d.      Skor 2 kalau hanya satu pokokteks
e.       Skor 1 kalau tidak tidak sanggup menuliskan pokok-pokok isi teks dengan tepat


2.
a.       Skor 5 kalau menyuguhkan 4 aspek
b.      Skor 4 kalau menyuguhkan 3 aspek
c.       Skor 3 kalau menyuguhkan 2 aspek
d.      Skor 2 kalau menyuguhkan 1 aspek


3.
a.       Skor 3 kalau menyuguhkan 3 aspek
b.      Skor 2 kalau menyuguhkan 2 aspek
c.       Skor 1 kalau menyuguhkan 1 aspek



                                                                                                


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 1)



Nama Peserta didik/Kelomok  :      ................................................................

Kelas                                         :      ................................................................

NO
TULISKAN CIRI-CIRI TEKS DRAMA
1.









NO
URAIKAN ISI YANG TERKANDUNG DALAMTEKS DRAMA
1.










Mengetahui,
Kepala Sekolah,
............................
NIP.
…………,  Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
.............................
NIP.







0 Response to "Rpp Teks Drama Kelas Viii Semester 2"

Total Pageviews