RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi Dasar
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai insiden dengan memakai kalimat yang jelas
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mengidentifikasi laporan perjalanan
2. Mampu mendeskripsikan laporan perjalanan dengan memakai kalimat yang jelas
3. Mampu memberikan secara ekspresi laporan perjalanan dengan memakai kalimat yang jelas
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup melaporkan secara ekspresi aneka macam insiden dengan memakai kalimat yang jelas, logis, dan percaya diri
E. Nilai PBKB
1. Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
2. Percaya Diri
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu mengidentifikasikan laporan perjalanan
mampu mendeskripsikan laporan perjalanan
2. Percaya Diri
mampu memberikan secara ekspresi laporan perjalanan
G. Materi Pembelajaran
1. Identifikasi laporan perjalanan
2. Pendeskripsian laporan perjalanan
3. Menyampaikan laporan perjalanan secara lisan
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang laporan. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Secara berkelompok siswa mencermati contoh laporan perjalanan yang disediakan guru. 2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi laporan perjalanan yang dibaca. 3. Salah seorang siswa dari kelompok tertentu memberikan secara ekspresi keseluruhan isi laporan perjalanan yang didengar. (percaya diri) Elaborasi 4. Masih dalam kelompok yang sama siwa setiap siswa menyusun laporan perjalanan secara perorangan (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 5. Secara roll table, siswa dalan kelompok membaca laporan sobat dan menentukan laporan terbaik 6. Siswa dalam kelompok menentukan laporan terbaik 7. Siswa mewakili kelompok memberikan laporan perjalanan di depan kelas 8. Kelompok lain menawarkan evaluasi dengan format evaluasi yang telah disepakati bersama 9. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas Konfirmasi 10. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 11. Dengan instruksi dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau simpulan mengenai laporan perjalanan. | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang laporan perjalanan 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari menyusun laporan perjalanan? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri 5. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa ihwal capaian materi/kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru mengingatkan kembali tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang laporan perjalanan yang sudah disusun siswa pada pertemuan pertama. Elaborasi 2.Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang sama ibarat pertemuan lalu 3.Secara bergantian siswa dalam setiap kelompok memberi komentar/penilaian terhadap laporan yang telah disampaikan sobat menurut format evaluasi yang telah disepakati bersama. 4.Setiap kelompok menentukan karya terbaik dan memberikan laporan secara ekspresi di didepan kelas. (percaya diri) Konfirmasi 5.Guru menawarkan konfirmasi pada hasil karya siswa dan memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 6.Dengan instruksi dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau simpulan mengenai laporan perjalanan. # Selanjutnya siswa melaksanakan aktivitas evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang melaporkan secara lisan berbagai insiden dengan memakai kalimat yang jelas. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari kompetensi yang dicapai pada pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (melaporkan secara ekspresi aktivitas sehari-hari dari bangkit tidur hingga dengan tidur pada satu hari terakhir dengan kalimat yang jelas dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( melaporkan secara ekspresi insiden tertentu yang dialami/diamati kepada sobat sebangkunya dengan kalimat yang jelas). 7. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 42 – 43)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 10-16
4. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis dan lisan
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian dan daftar pertanyaan
c. Soal Instrumen :
1) Identifikasikanlah laporan perjalanan yang pernah Kalian lakukan
2) Deskripsikan laporan perjalanan yang pernah Kalian lakukan dengan memakai kalimat yang jelas!
3) Sampaikan secara ekspresi laporan itu dengan memakai kalimat yang jelas!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Kegiatan | Skor |
Siswa mengidentifikasi dengan tepat Siswa mengidentifikasi , tetapi kurang tepat Siswa mengidentifikasi, tetapi identifikasi salah | 3 2 1 |
Soal nomor 2
Kegiatan | Skor |
Siswa mendeskripsikan dengan sempurna dan memakai kalimat yang jelas Siswa mendeskripsikan dengan tepat, tetapi memakai kalimat yang tidak jelas Siswa mendeskripsikan , tetapi tidak sempurna dan memakai kalimat yang tidak jelas | 3 2 1 |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 6 | | | |
Rubrik melaporkan secara lisan berbagai peristiwa
No | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 2 3 | Kelengkapan dan urutan isi Penampilan Kelancaran | Ø Apakah isi laporan yang disampaikan utuh dan lengkap (dari awal samapai akhir/tidak meloncat-loncat) Ø Apakah penyampaian laporan dilakukan dengan hening dan penuh percaya diri Ø Apakah penyampaian lancar dan tidak banyak kesalahan pelafalan | | | | |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 18 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif | Percaya Diri | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kurikulum 2006 / Ktsp Bahasa Indonesia Kelas Ix/1 Kd 2.2 Melaporkan Aneka Macam Peristiwa"