Semester Kompetensi Dasar Jumlah Jam 1 3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan mulut dan tulis. 4 4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara mulut maupun tulis. 4 3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 4 4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik mulut maupun tulis. 4 3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4 4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara mulut dan / tulis. 4 3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 4 4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 4 3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 4 4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik mulut maupun tulis 4 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4 4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik mulut maupun tulis 4 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik mulut maupun tulis. 2 4.7. Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 2 3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen. 2 4.8. Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4 3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen. 2 4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 4 JUMLAH 64 2 3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan mulut maupun tertulis. 2 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara mulut atau tulis. 4 3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. 2 4.11 Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. 4 3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan selesai dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 2 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan selesai dari debat secara mulut untuk mengatakan esensi dari debat. 4 3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). 2 4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. 4 3.14 Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi 2 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. 4 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. 2 4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik mulut maupun tulis 4 3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. 2 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) 4 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. 2 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) 4 3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. 2 4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. 4 JUMLAH 54 Boyolali, 2 Juli 2018 Mengetahui Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
UNDUH FILE PROGRAM TAHUNAN KLIK https://drive.google.com/open?id=1Tqe_Ake1pV2tSsh0pshRWGWiMzwIGkYs
UNDUH FILE PROGRAM TAHUNAN KLIK https://drive.google.com/open?id=1Tqe_Ake1pV2tSsh0pshRWGWiMzwIGkYs
0 Response to "Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019"