PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTS
PERBAIKAN KALIMAT PADA TEKS
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: A
PERBAIKAN KALIMAT PADA TEKS
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Soal tersebut menanyakan perbaikan kalimat pada teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memperbaiki kalimat.
Perbaikan yang sempurna kalimat (3) Dengan upaya banyak sekali pedoman terus dilakukan instrument adalah Upaya pemadaman terus dilakukan dengan banyak sekali instrumen (pilihan balasan A). Kalimat pilihan balasan A memenuhi syarat kelogisan kalimat. Kalimat tersebut berpola SPK.
RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF
A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif yaitu kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B. Syarat Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak yang bakir berbicara, bakir bergaul, dan bakir berguru niscaya disukai banyak temannya.
b. Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan Subjek
a. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan Bentuk Sinonim
a. Menjaga kebersihan sekolah yaitu merupakan tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
BACA DI BLOG:
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan lantaran akibat
9. Kalimat yang mengatakan (bukti) susila tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks mekanisme
27. Melengkapi teks prosedur
28. Kata tidak baku dalam teks
Klik
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
0 Response to "Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kalimat"