Membagikan pecahan sudah dimulai diperkenalkan sewaktu kita duduk dibangku kelas 3 SD [SD]. Bagi sebahagian guru penyampaian pembagian pecahan ini menjadi operasi pecahan dengan perlakuan khusus. Karena dari operasi aljabar pada pecahan yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, operasi pembagian pecahanlah yang sedikit lebih panjang prosesnya.
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, prosesnya yaitu penyebutnya harus sama gres sanggup dijumlahkan atau dikurangkan. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} + \frac{3}{2}=\frac{1+3}{2}=\frac{4}{2}=2 $
2. $ \frac{1}{2} + \frac{1}{3}=\frac{3}{6} + \frac{2}{6}=\frac{2+3}{6}=\frac{5}{6}$
Contoh:
1. $ \frac{5}{2} - \frac{3}{2}=\frac{5-3}{2}=\frac{2}{2}=1 $
2. $ \frac{3}{2} - \frac{1}{3}=\frac{9}{6} - \frac{2}{6}=\frac{9-2}{6}=\frac{7}{6}$
Untuk Perkalian pecahan, prosesnya yaitu penyebut dikalikan dengan penyebut dan pembilang dikalikan dengan pembilang. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \times \frac{1}{3}=\frac{1 \times 1}{2 \times 3}=\frac{1}{6} $
2. $ \frac{2}{3} \times \frac{3}{4}=\frac{2 \times 3}{3 \times 4}=\frac{6}{12}=\frac{1}{2} $
Untuk Pembagian pecahan, prosesnya yaitu operasi pecahan kita rubah menjadi perkalian dan pecahan pembagi kita balikkan dimana pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}=\frac{1}{2} \times \frac{3}{1}=\frac{1 \times 3}{2 \times 1}=\frac{3}{2}$
2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}=\frac{1}{5} \times \frac{4}{3}=\frac{1 \times 4}{5 \times 3}=\frac{4}{15}$
Pertanyaan sederhana untuk pembagian pecahan ini dari anak SD yang kreatif dan sedikit kritis yakni kenapa pada pembagian pecahan tidak kita lakukan ibarat "perkalian pecahan" yaitu pembilang dibagikan dengan pembilang dan penyebut dibagikan dengan penyebut. Guru-guru terkadang membisu seribu bahasa dikala mendengar pertanyaan ibarat ini.
Sekarang kita coba jawab pertanyaan siswa diatas dengan konsep sederhana, bahwa proses pembagian pecahan sanggup kita lakukan ibarat proses "perkalian pecahan" tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Mari kita simak dengan teladan pembagian diatas kita kerjakan dengan trik "proses perkalian",
Contoh 1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
bentuk $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}= \frac{3 \div 1}{6 \div 3}=\frac{3}{2}$
Contoh 2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
bentuk $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}= \frac{12 \div 3}{60 \div 4}=\frac{4}{15}$
Dari kedua teladan diatas beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pembagian pecahan setrik eksklusif yaitu pembilang dibagi pembilang dan penyebut dibagi penyebut sanggup dikerjakan setrik eksklusif bila alhasil sama-sama bilangan bulat.
Jika masih ada pertanyaan untuk didiskusikan sanggup disampaiakan melalui kotak komentar.
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, prosesnya yaitu penyebutnya harus sama gres sanggup dijumlahkan atau dikurangkan. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Proses Penjumlahan Pecahan:$ \frac{a}{c} + \frac{b}{c}=\frac{a+b}{c} $
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} + \frac{3}{2}=\frac{1+3}{2}=\frac{4}{2}=2 $
2. $ \frac{1}{2} + \frac{1}{3}=\frac{3}{6} + \frac{2}{6}=\frac{2+3}{6}=\frac{5}{6}$
Proses Pengurangan Pecahan:$ \frac{a}{c} - \frac{b}{c}=\frac{a-b}{c} $
Contoh:
1. $ \frac{5}{2} - \frac{3}{2}=\frac{5-3}{2}=\frac{2}{2}=1 $
2. $ \frac{3}{2} - \frac{1}{3}=\frac{9}{6} - \frac{2}{6}=\frac{9-2}{6}=\frac{7}{6}$
Untuk Perkalian pecahan, prosesnya yaitu penyebut dikalikan dengan penyebut dan pembilang dikalikan dengan pembilang. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Proses Perkalian Pecahan:$ \frac{a}{b} \times \frac{c}{d}=\frac{a \times c}{b \times d} $
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \times \frac{1}{3}=\frac{1 \times 1}{2 \times 3}=\frac{1}{6} $
2. $ \frac{2}{3} \times \frac{3}{4}=\frac{2 \times 3}{3 \times 4}=\frac{6}{12}=\frac{1}{2} $
Untuk Pembagian pecahan, prosesnya yaitu operasi pecahan kita rubah menjadi perkalian dan pecahan pembagi kita balikkan dimana pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang. Setrik simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Proses Pembagian Pecahan:$ \frac{a}{b} \div \frac{c}{d}=\frac{a}{b} \times \frac{d}{c}=\frac{a \times d}{b \times c}$
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}=\frac{1}{2} \times \frac{3}{1}=\frac{1 \times 3}{2 \times 1}=\frac{3}{2}$
2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}=\frac{1}{5} \times \frac{4}{3}=\frac{1 \times 4}{5 \times 3}=\frac{4}{15}$
Pertanyaan sederhana untuk pembagian pecahan ini dari anak SD yang kreatif dan sedikit kritis yakni kenapa pada pembagian pecahan tidak kita lakukan ibarat "perkalian pecahan" yaitu pembilang dibagikan dengan pembilang dan penyebut dibagikan dengan penyebut. Guru-guru terkadang membisu seribu bahasa dikala mendengar pertanyaan ibarat ini.
Baca juga : Kesalahan Konsep Perkalian itu, Berakhir Pada Kematian
Sekarang kita coba jawab pertanyaan siswa diatas dengan konsep sederhana, bahwa proses pembagian pecahan sanggup kita lakukan ibarat proses "perkalian pecahan" tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Mari kita simak dengan teladan pembagian diatas kita kerjakan dengan trik "proses perkalian",
Contoh 1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
bentuk $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}= \frac{3 \div 1}{6 \div 3}=\frac{3}{2}$
Contoh 2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
bentuk $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}= \frac{12 \div 3}{60 \div 4}=\frac{4}{15}$
Dari kedua teladan diatas beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pembagian pecahan setrik eksklusif yaitu pembilang dibagi pembilang dan penyebut dibagi penyebut sanggup dikerjakan setrik eksklusif bila alhasil sama-sama bilangan bulat.
Jika masih ada pertanyaan untuk didiskusikan sanggup disampaiakan melalui kotak komentar.
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
0 Response to "Membagikan Penggalan Tanpa Harus Merubahnya Menjadi Perkalian Pecahan"