Latest News

Strategi Sempurna Dalam Menghadapi Sbmptn

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN] beberapa ahad kedepan akan dilaksanakan dan SBMPTN ini ialah salah satu jalan yang terbaik untuk masuk PTN. Saat ini ada beberapa jalur untuk masuk PTN, tetapi beberapa siswa beropini lulus Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SBMPTN katanya ‘lebih bergengsi’.

Karena duduk perkara ‘gengsi’ ini pula banyak siswa kelas XII yang bila dilihat dari nilai sebetulnya bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri tetapi tidak lulus alasannya ialah kalah sama taktik terhadap kawan-kawannya. Ya ‘gengsi’ dalam menempatkan pilihan pertama, pilihan kedua dan ketiga. Para siswa terlalu memaksakan diri kepada satu jurusan tertentu padahal banyak siswa lain yang kemampuannya lebih baik juga menginginkan jurusan tersebut.

Jika kejadian menyerupai diatas sudah terjadi, maka kita sudah kalah sebelum ujian dimulai, untuk itu teori perang Sun Tzu patut kita terapkan “Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran”

Untuk menghadapi SBMPTN ini sendiri, masing-masing dari kita punya trik atau tips tersendiri dan berikut ini kita coba mengembangkan beberapa tips dalam menghadapi SBMPTN. Mungkin beberapa tips berikut sanggup diterapkan.

Beberapa Minggu Sebelum Pelaksanaan SBMPTN

  1. TARGET, ya kita harus tahu berapa minimal soal yang harus kau jawab dengan benar. Setelah sanggup sasaran minimal soal benar kemudian kau sesuaikan dengan minat kau untuk menentukan jurusan di universitas tujuan dan jangan lupa perhatikan juga tingkat perekonomian orang tua.
  2. DISIPLIN WAKTU, penggunaan waktu dengan baik sangat penting alasannya ialah ujian SBMPTN hanya hitungan hari dan semakin dekat. Membagi waktu berguru topik-topik mata pelajaran harus diatur dengan baik. Sangat dianjurkan mencoret agenda ngumpul tidak terperinci sama teman-teman apalagi sama pacar. Jika harus kumpul untuk diskusi berguru bersama maka kelompok diskusi tidak lebih dari 5 orang dan dilakukan di rumah bukan di café.
  3. KESEHATAN, menjaga kondisi badan tetap sehat hingga pelaksanaan SBMPTN, jangan hingga persiapan yang sudah sangat baik semuanya hancur awut-awutan hanya alasannya ialah pada ketika ujian demam atau batuk. Kaprikornus jaga kesehatan dengan menambahkan agenda olahraga ringan dan makan masakan bergizi.
  4. OPTIMIS, tetap optimis bahwa kau bisa dan bisa membahagiakan dirimu terkhusus membahagiakan orangtuamu dengan masuk PTN.

Satu Hari Sebelum Pelaksanaan SBMPTN


  1. Persiapkan semua peralatan ujian, kartu peserta, alat tulis dan siapkan jam tangan untuk mengatur pembagian waktu pada ketika ujian.
  2. Pastikan kau telah melihat lokasi ujian pada H – 1 SBMPTN, untuk para siswa dari luar kota kawasan ujian pastikan kau telah mengetahui angkot yang hingga ke kawasan ujian bila kau naik angkot ke kawasan ujian.
  3. Tinggalkan semua buku-buku tebalmu yang beberapa terakhir ialah sahabatmu, sisakan catatan-catatan ringan saja.
  4. Berdoa dan meminta doa kepada orang-orang disekitarmu terkhusus doa ibu. Kalau boleh tuliskan doamu pada catatan ringan yang kau persiapkan sebelumnya.
  5. Istirahat yang cukup sangat baik, juga semoga tidak terlambat bangkit pada esok harinya. Perasaan degdegan mungkin timbul ketika malam hari sebelum ujian sehingga kita tidak mengantuk, jadi tetap coba untuk tidur meskipun tidak mengantuk.

Pada Hari Pertama Pelaksanaan SBMPTN


  1. Berangkat sepagi mungkin jangan hingga terlambat, ada baiknya kita sudah hingga lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai. Terkhusus yang naik angkot, berangkatlah lebih pagi apalagi bila jalur lokasi ujian di tengah kota yang rawan macat.
  2. Saat masuk ruangan siapkan segala peralatanmu di atas meja termasuk nomor ujian.
  3. Fokuskan pikiranmu sejenak ketika ujian siap dimulai dan berdoalah.
  4. Pastikan sebelum kau mulai menjawab soal baca petunjuk dengan baik dan pastikan juga lembar soal halamannya lengkap tidak ada yang kosong atau hilang.
  5. Mulailah bekerja dengan taktik yang telah direncanakan dan kerjakan soal termudah terlebih dahulu dengan melaksanakan scanning.
  6. Jangan terpaku pada soal yang sulit, kau harus disiplin waktu. Jika ada waktu sisa sempatkan membahas soal-soalnya kembali.
  7. Pada 3 – 5 menit sebelum LJK dikumpulkan pastikan identitas sudah isikan dengan benar.
  8. Setelah LJK dikumpulkan berdoalah sejenak, pribadi pulang ke rumah tanpa berdiskusi dengan sobat perihal soal-soal yang gres selesai diujikan dan persipakan diri untuk ujian hari kedua.

Selesai Pelaksanaan SBMPTN

  1. Saat ini ialah waktu yang paling baik untuk berdoa kepada Tuhan dengan tetap optimis alasannya ialah keajaiban Tuhan terjadi bersama hamba-Nya yang berusaha.
  2. Bagi kau yang siap mendapatkan hasil sanggup menilik kertas ujian dengan mencocokkan kunci balasan yang biasanya dikeluarkan oleh bimbingan-bimbingan.

Selamat menngikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN], dan bila masih memungkinkan tidak ada salahnya untuk mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Everything Starts With A Dream;

0 Response to "Strategi Sempurna Dalam Menghadapi Sbmptn"

Total Pageviews