Latest News

Siswa Ini Membutuhkan Sumbangan Anda

Salah satu manfaat nge-blog atau media umum yang kita gunakan yaitu kita sanggup saling membuatkan pengalaman atau bertukar pendapat untuk suatu dilema tertentu. Salah seorang rekan guru matematika yang menerima pengalaman berharga dari pertanyaan siswa yang kreatifnya mencoba membagikan pengalamannya pada media umum beberapa waktu lalu.

Mari kita simak alur permasalahan yang muncul dari awal;

Seorang siswa mencermati suatu segitiga siku-siku sama kaki yang panjang sisi siku-sikunya yaitu 1 satuan. Kemudian dengan menggunakan rumus pythagoras, beliau memperoleh panjang sisi miringnya yaitu akar 2. Dia kemudian mencoba mengukur panjang sisi miring segitiga tersebut dengan sepotong lidi dengan maksud untuk membandingkannya.

Seorang guru matematika pernah memberikan pada siswa tersebut bahwa, akar 2 yaitu bilangan irasional, yang mana kalau di ubah kedalam bentuk desimal maka banyak angka desimalnya tidak berpola, tidak berulang dan terus bertambah tanpa henti.

Kemudian siswa ini bertanya pada gurunya,katanya "Pak, panjang sisi miring segitiga ini segini (sambil menunjukkan sepotong lidi tadi), tapi mengapa hasil penghitungan, merupakan bilangan irasional yang desimalnya terus bertambah tanpa henti, bukankah kalau begitu harusnya bertambah panjang?".

Bapak guru tersenyum puas dengan pertanyaan siswanya tersebut..:)

Jika Anda yang menjadi guru matematika anak tersebut, tanggapan apa yang akan Anda berikan kepada anak tersebut?
Mari berdiskusi atau berpendapat, dan tanggapan bapak ibu guru sangat membantu para guru.

Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;

0 Response to "Siswa Ini Membutuhkan Sumbangan Anda"

Total Pageviews