Latest News

Membentuk Kreativitas Dan Imajinasi Anak Dengan Baik Memakai Tangram

Mengembangkan daya kreasi anak atau kreatifitas anak bukanlah sebuah proses semudah membalikkan telapak tangan. Proses perkembangan daya kreasi anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan permainannya sehari-hari. Melihat perkembangan gadget kini ini tingkat kreatifitas anak pada beberapa tahun yang akan tiba diprediksi akan jauh menurun bila pemakaian gadget pada bawah umur tidak segera dibatasi.

Permainan bawah umur yang semula berwujud semuanya digantikan dengan hanya imajinasi pada sebuah gadget, contohnya permainan menyusun puzzle. Memang dengan satu aplikasi menyusun puzzle pada gadget sudah bisa mendapat susunan beberapa gambar berbeda. Tetapi satu susunan gambar puzzle yang dilakukan setrik eksklusif jauh lebih baik membuatkan daya kreasi atau imajinasi anak dari pada beberapa gambar puzzle yang disusun pada gadget.

Mendapatkan jenis permainan anak yang menggunakan kreatifitas pada umunya lebih lebih sulit diperoleh dari pada permainan yang sekedar saja ibarat mobil-mobilan. Permainan anak yang menggunakan kreatifitas itu diantara lain menyusun kubus-kubus, lego, atau puzzle.

Bagi yang kesulitan mendapat permainan-permainan anak dalam membentuk kreatifitas dan imajinasi anak, Tangram mungkin bisa jadi solusi dalam membuat permainan anak yang edukatif.

Tangram termasuk salah satu permainan edukatif biasa digunakan oleh guru sekolah dasar atau guru matematika pada tingkat yang lebih tinggi. Tetapi selain dalam berguru matematika permainan tangram ini cocok juga kita pakai dirumah bersama dengan anak-anak.

Kalau kesulitan untuk mendapat tangram yang biasanya dijual di toko alat peraga matematika maka sangat dianjurkan untuk membuat tangram sendiri. Mari kita berkenalan dengan tangram sebelum kita pelajari bagaimana menggunakannya.

Sejarah singkat dan perkembangan Tangram

Marilah kita mengenal tangram, orang menyebut tangram yang kita kenalkan ini ialah sebagai Tangram Cina, lantaran berasal dari cina. Tangram Cina ini ialah teka-teki atau puzzle yang ditemukan pada dynasty Song. Dalam bahasa aslinya tangram di sebut qi qio ban yang artinya kira-kira ialah tujuh keping ajaib.
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
  • Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
  • Satu bujursangkar (kecil), dan
  • Satu jajaran genjang
Keping-keping tersebut berupa bangkit datar yang disebut tan dan apabila disatukan akan membentuk persegi.

Teka-teki ini bertujuan untuk membuat bentuk tertentu menggunakan semua bangkit yang tersedia dan dilarang tumpang tindih. Teka-teki ini disebut-sebut sebagai pemula test psikologi yang digunakan untuk mengetes kemampuan kreativitas seseorang.

Buku pertama yang menyebut tangram berjudul The Eighth Book Of Tan, yang berisi sejarah fiktif ihwal Tangram. Buku menceritakan sejarah fiktif tangram bahwa permainan diciptakan 4.000 tahun sebelumnya oleh seorang tuhan berjulukan Tan. Buku ini mencakup 700 bentuk, beberapa di antaranya mustahil untuk dipecahkan.

Tangram menyebar ke Eropa pada kira-kira era 19 lewat perdagangan. Di awali di Inggris, di mana ia menjadi sangat popular, kemudian menyebar dengan cepat ke negara-negara Eropa lainnya. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh dua buah buku ihwal Tangram, The Fashionable Chinese Puzzle, dan buku solusi yang menyertainya yang berjudul Key.

Selanjutnya set tangram diekspor dalam jumlah besar dari China terbuat dari aneka macam macam materi antara lain dari kaca, kayu, dan tempurung kura-kura.

Tangram menyebar di Denmark kira-kira tahun 1818, ketika dua buku ihwal teka-teki tersebut diterbitkan. Yang pertama berjudul Mandarinen (Tentang Game dari Cina). Ini ditulis oleh seorang mahasiswa di Universitas Kopenhagen, yang merupakan karya non-fiksi ihwal sejarah dan popularitas tangram. Kedua, Det nye chinesiske Gaadespil (teka-teki gres dari Cina) yang terdiri dari 339 teka-teki disalin dari Kitab Kedelapan Tan yang asli

Tangram pertama kali diperkenalkan kepada publik Jerman oleh industrialis Friedrich Adolf Richter sekitar tahun 1891. Set tangram tersebut terbuat dari kerikil atau gerabah palsu, dan dipasarkan dengan nama The Anchor Puzzle. Tangram menjadi terkenal di Eropa pada masa perang dunia ke I. Pada masa itu Tangram di kenal dengan nama The Sphinx, judul alternatif untuk The Anchor Puzzle set

Penyebaran tangram ke Amerika diawali oleh Kapten M. Donnaldson yang berlabuh di Canton dengan kapal Trader tahun 1815. Kapten tersebut diberi sepasang yang ditulis oleh Sang-hsia-k'o. Buku tersebut kemudian dibawa dengan kapal ke Philadelphia dan berlabuh pada bulan Februari 1816. Buku Tangram pertama yang diterbitkan di Amerika didasarkan pada buku yang dibawa oleh Donnaldson tersebut. Lebih dari 6500 teka-teki tangram telah diciptakan dari teks era ke-19 ini dan jumlah teka-teki tersebut ketika ini terus berkembang.

Sedangkan penyebaran tangram ke Indonesia admin tidak punya data yang niscaya kapan tangram ini masuk ke Indonesia. Untuk admin blog sendiri mengenal tangram ketika mengikuti diklat online pada tahun 2013 yang diselenggarakan oleh P4TK Matematika Yokyakarta. Makara perkenalan admin dengan tangram juga masih sangat baru.

Pembuatan Tangram
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tangram yang kita coba gunakan ialah tangram Cina yang terdiri dari tujuh keping bangkit datar dan apabila disatukan akan membentuk persegi.

Pertama kita gambar persegi dengan ukuran diserahkan kepada Anda, kemudian kita gambar ketujuh keping bangkit datar (sesuaikan dengan gambar) kemudian pisahkan gambar dengan alat pemotong atau gunting.

Manfaat Tangram
Para jago beropini bahwa Tangram bermanfaat bagi bawah umur dalam aneka macam hal, di antaranya (Bohning and Althouse 1997; Krieger 1991; National Council of Teacher’s Mathematics 2003) :
  • Mengembangkan rasa suka terhadap geometri
  • Mampu membedakan aneka macam bentuk
  • Mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri
  • Mengembangkan kemampuan rotasi spasial
  • Mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yang sempurna untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’)
  • Mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yang sama dan sebangun)
  • Tangram juga sanggup menjadi pengalaman multi-kultural bagi para pelajar. 

Aturan dasar bermain ialah dengan trik menggabungkan ketujuh bangkit (semua bangkit harus digunakan) menjadi suatu bentuk tertentu dan tiap bangkit dilarang saling tumpang tindih.

Kemampuan tertentu tidaklah diharapkan untuk bisa bermain tangram – cukup dengan kesabaran, waktu dan imajinasi tiap orang akan sanggup memecahkan trik membentuk sesuatu atau membuat model baru.

Berikut beberapa bentuk atau gambar yang mungkin sanggup dihasilkan dari tangram. Contoh yang kita tampilkan ini ialah dari buku ‘TANGRAMS ABC KIT’ yang ditulis oleh Susan Johnston.

0 Response to "Membentuk Kreativitas Dan Imajinasi Anak Dengan Baik Memakai Tangram"

Total Pageviews