Latest News

Belajar Menciptakan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk): Pengertian Dan Kegunaan

Belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi isu terkini untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan problem dan peningkatan mutu di aneka macam bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap problem sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada ketika itu.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap problem tersebut setrik sistematis.  Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi problem tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan penilaian yang digunakan sebagai masukan untuk melaksanakan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan.

Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan hingga suatu kualitas keberhasilan tertentu sanggup tercapai.

Dalam bidang pendidikan, khususnya atrik pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru sanggup menemukan solusi dari problem yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan aneka macam ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan setrik kreatif.

Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan kiprah utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Makara PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah konkret yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai kiprah ganda : praktisi dan peneliti.

Classroom action research (CAR) ialah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan setrik siklik, dalam rangka memecahkan masalah, hingga problem itu terpecahkan.

Ada beberapa jenis action research, dua di antaranya ialah individual action research dan collaborative action research (CAR). Makara CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama.

Action research termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action research berbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan risikonya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research sanggup saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar yang seolah-olah dengan yang dimliki peneliti.
Perbedaan antara penelitian formal dengan classroom action research disajikan dalam tabel berikut.

Mengapa Penelitian Tindakan Kelas Penting?
Ada beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru :
  1. PTK sangat aman untuk membuat guru menjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang beliau dan muridnya lakukan
  2. PTK sanggup meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya.
  3. Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, guru bisa memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada problem konkret dan faktual yang berkembang di kelasnya.
  4. Pelaksanaan PTK tidak menggangu kiprah pokok seorang guru alasannya ialah beliau tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu atrik penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
  5. Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif alasannya ialah selalu dituntut untuk melaksanakan upaya-upaya penemuan sebagai implementasi dan pembiasaan aneka macam teori dan teknik pembelajaran serta materi didik yang dipakainya.
  6. Penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran mempunyai tujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek pembelajaran setrik berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasil instruksional; membuatkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.

Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013, mungkin video berikut sanggup membantu kita dalam penerapan kuriulum 2013;

0 Response to "Belajar Menciptakan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk): Pengertian Dan Kegunaan"

Total Pageviews