Latest News

Cerita Inspiratif Wacana Telepon Cerdik Dan Insan Bodoh

Saya mempunyai sahabat 422 orang, tetapi saya kesepian. Saya berbitrik dengan mereka setiap hari, namun tak satupun yang mengenal saya.

Mari kita lihat. Masalah yang saya alami ialah adanya perbedaan antara menatap mata lawan bitrik atau hanya melihat nama orang di layar.

Saya melangkah mundur dan membuka mata saya, melihat sekeliling dan menyadari bahwa media yang kia sebut social ini memang segalanya, namun ketika kita membuka komputer kita ketika itulah kita menutup pintu kita.

Semua teknologi yang kita punya ini hanyalah suatu ilusi. Komunitas, persahabatan, rasa kebersamaan ketika kau beranjak dari perangkat khayalan ini, kau tersadar dan melihat dunia yang membingungkan.

Dunia dimana kita diperbudak oleh teknologi yang kita ciptakan, dimana info dijual oleh orang-orang kaya rakus. Dunia yang dipenuhi kepentingan pribadi, pencitraan, promosi diri.

Dimana kita memberika bab terbaik kita tanpa menggunakan perasaan. Kita merasa paling berbahagia ketika menyebarkan pengalaman, akankah sama rasanya jika tidak ada orang lain?

Datangi teman-temanmu dan merekapun akan mendatangimu, mereka takkan mendatangimu jika kau temui mereka di group message.

Kita selalu membanggakan diri dan mengharapkan pujian, kita akal-akalan tidak menyadari bahwa terasing setrik sosial. Kita merangkai kata sampai terlihat hidup kita indah, padahal kita tidak tahu apakah ada yang peduli.

Sendirian bukan masalah, itulah intinya.
Bila kau membaca buku, melukis atau melaksanakan latihan tertentu, kau menjadi produktif dan diakui, bukan hanya menjadi pelengkap. Kamu sadar sepenuhnya dan penuh perhatian dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Jadi, ketika kau berada di daerah umum dan merasa kesepian, angkat tanganmu dan jauhkan dari telepon. Kamu tidak membutuhkannya kan? Bila perlu hapus daftar kontakmu. Saling berbitriklah dan belajar hidup bersama.

Saya tidak tahan melihat keheningan dalam angkutan umum yang penuh sesak dimana tak seorangpun ingin berbitrik alasannya takut dibilang aneh. Kita menjadi anti sosial, kita tidak lagi terpuaskan dengan hubungan antar insan dan saling bertatap mata.

Kita dikelilingi oleh anak-anak, yang semenjak mereka dilahirkan melihat kita hidup ibarat robot dan mereka menganggap itu normal. Sepertinya tidak mungkin untuk menjadi orangtua andal alasannya kamu tidak bisa menghibur anak tanpa menggunakan iPad.


Saat saya kecil, saya tidak pernah dirumah. Selalu bersepeda keluar bersama teman-teman. Sepatu saya sobek dan lutut saya tergores alasannya membangun rumah diatas pohon. Sekarang taman sangat sunyi dan sepi. Tak ada bawah umur yang bermain, ayunanpun tak pernah bergerak. Tak ada yang bermain, berlari dan meloncat.
Baca juga: 7 Kemampuan Kita Yang Hilang Akibat Teknologi yang Semakin Canggih
Kita ialah generasi Idiot: Telepon Pintar dan Manusia Bodoh.

Jadi, alihkan perhatianmu dari teleponmu, matikan layarnya. Hidupkan lingkungan sekitarmu ciptakan hari yang indah. Cukup satu hubungan nyata, hanya itu yang dibutuhkan. Untuk memperlihatkan perbedaan yang diciptakan oleh kehadiran.

  • Hadir pada ketika beliau memandangmu, yang akan kau ingat selamanya ketika dimabuk cinta.
  • Saat pertama ia memegang tanganmu, atau ciuman pertama di bibirmu, ketika pertama kali kau berbeda pendapat namun tetap mencintainya sepenuh hati.
  • Saat dimana kau tidak harus menceritakan ratusan hal yang sudah kau kerjakan, alasannya kau hanya ingin menikmati waktu bersamanya.
  • Saat kau menjual komputer agar bisa membeli cincin untuk gadis impianmu yang kini menjadi nyata.
  • Saat dimana kau ingin mulai satu keluarga dan pertama kali memegang tangan gadis kecilmu dan jatuh cinta lagi.
  • Saat beliau selalu membuatmu terjaga kala kau benar-benar ingin istirahat dan ketika kau menhapus air matamu ketika anakmu meninggalkan rumah.
  • Saat gadis kecilmu kembali dengan membawa bayi untuk kau gendong dan ketika beliau memanggilmu kakek sampai kau merasa tua.
  • Saat kau mendapat semua yang telah kau ciptakan dengan memperlihatkan perhatian yang faktual betapa bahagianya kau alasannya tidak menyia-nyiakan waktu hanya bermain dalam dunia khayal.
  • Saat kau memegang tangan istrimu, duduk di samping daerah tidurnya, kau bilang bahwa kau menyanyanginya, kemudian mencium keningnya. Kemudian beliau berbisik padamu di saat-saat terakhirnya bahwa beliau sangat beruntung menemukan dirimu.

Tapi semua itu tidak akan pernah terjadi, kau tidak akan pernah mengalami satupun hal itu, jika kau terlalu sibuk melihat ke bawah, kau akan melewatkan aneka macam kesempatan.

Makara alihkan perhatianmu dari teleponmu, matika semua layar itu. Waktu kita sangat terbatas. Jangan buang hidupmu dengan berkutat di internet alasannya jika saatnya tiba, yang ada hanya penyesalan.


Sayapun merasa bersalah dengan menjadi bab dari ini semua, dunia digital yang kita dengar tapi tidak terlihat, dimana kita berbitrik dengan mengetik dan mengobrol dengan trik membaca, dimana kita menghabiskan waktu bersama tanpa saling bertatap mata.

Janganlah kau masuk dalam kehidupan yang mengikuti publisitas berlebihan. Berikan orang rasa cinta dan perhatianmu, jangan beri mereka ‘LIKE’ mu.

Jauhkan keinginan untuk didengar dan diakui, keluarlah ke dunia faktual dan tinggalkan semua itu. Alihkan perhatian dari teleponmu, matikan layarnya dan jalani kehidupan setrik nyata.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Ada kalanya kita harus bijak mempergunakan smartphone;

0 Response to "Cerita Inspiratif Wacana Telepon Cerdik Dan Insan Bodoh"

Total Pageviews