Latest News

Latihan Soal Tes Final Pkb Kkd-2 Taktik Pembelajaran

SOAL PERSIAPAN TES AKHIR PKB

KKD STRATEGI PEMBELAJARAN

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.   Uraian yang berisi perihal pengetahuan, pengalaman belajar, dan teori yang secara khusus dipakai oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah dan memahami pokok bahasan yang digariskan dalam kurikulum yakni ....
A.  Kompetensi Dasar
B.  Kompetensi Inti
C.  Materi Diklat
D.  Materi ajar

2.   "Materi didik merupakan citra aneka metode dan sarana pengajaran. Pernyataan di atas merupakan pernyataan perihal ....
A. Prinsip pengembangan materi ajar
B. Model pengembangan materi ajar
C. Manfaat materi ajar
D. Fungsi materi ajar
3.   Mendorong siswa untuk sanggup mengomunikasikan ide, pikiran, gagasan, perasaan, dan isu kepada orang lain. Pernyataan tersebut merupakan ....
  1. Prinsip pengembangan materi ajar
  2. Model pengembangan materi ajar
  3. Manfaat materi ajar
  4. Fungsi materi ajar
4.   Bu Novianti akan membelajarkan siswa SMA keterampilan menulis puisi bebas.  Dia berharap sesudah pembelajaran, siswa sanggup menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat.  Materi-materi pembelajaran berikut ini yang sanggup dikatakan kreatif sesuai tingkat perkembangan siswanya ....
A.  Gambar dan puisi perihal sekolahku yang hijau
B.  Gambar dan puisi perihal pasar yang becek
C.  Gambar dan puisi perihal potret sosial pekerja Ibu
D.  Gambar dan puisi perihal situasi di jalan raya 
5.   Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Bu Arni Susanti mengajar bahasa Indonesia kelas XII di SMK Pitumpanua. Ia memiliki permasalahan dalam pembelajaran menulis. Berulang kali ia mencoba melaksanakan perubahan pembelajaran di kelas tersebut namun belum berhasil. Setelah ia mendapat pembinaan dan diskusi dengan teman-teman pada pertemuan MGMP kesannya ia mencoba mengubah aktivitas berguru mengajarnya dengan seni administrasi yang lebih sempurna sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Pada pertemuan pertama hasil yang dicapai belum maksimal. Kemudian ia mengevaluasi kesulitan yang masih dialami oleh siswanya, dan ditemukan permasalahannya. Lalu ia mendiskusikan problem tersebut dengan sahabat guru bahasa Indonesia. Ia pun melaksanakan aktivitas pembelajaran kembali dengan menekankan pada permasalahan yang dihadapi siswa. Akhirnya, ia sanggup menarik nafas lega dan bersyukur sebab apa yang selama ini menjadi hambatan dan beban pikirannya sanggup diselesaikan dengan hasil yang sangat baik.
Berdasarkan ilustrasi di atas langkah apa yang dilakukan oleh Bu Arni Susanti?
A.  Memilih media  relevan dengan pembelajaran menulis
B.  Memberi tugas  kepada siswa untuk menulis
C.  Melakukan diskusi dengan teman  sejawat
D.  Mengubah metode pembelajaran menulis
6.   Bu Marlinah mengajar di kelas IX dengan materi "Memproduksi teks laporan hasil observasi baik melalui ekspresi maupun tulis" dengan langkah-langkah; 1) siswa mengamati objek dan mendata objek yang akan dijadikan materi tulis, 2) siswa menuliskan hasil pengamatan ke dalam beberapa paragraf.
Langkah yang sempurna untuk melengkapi langkah ke dua pada langkah-langkah pembelajaran di atas yakni ....
A.  Sebelum langkah terakhir, siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru mengenai hasil tulisannya. Setelah itu, siswa memperbaiki hasil tulisannya menurut masukan dari  guru dan kelompok lain.
B.  Sebelum langkah kedua, siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas menulis hasil observasi dan teknik  menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif.
C.  Sebelum langkah pertama, siswa mengamati pola teks hasil observasi dan menanyakan hal-hal yang berafiliasi dengan menulis hasil observasi
D.  Sebelum langkah ketiga, siswa menanyakan apakah hasil pekerjaannya sudah benar atau salah. Kemudian, siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki.
7.   "Perhatikan KD berikut ini! 
Memahami struktur dan kaidah teks kisah ulang baik melalui ekspresi maupun tulis.
1)  siswa mendengarkan isu mengenai rencana aktivitas pada pertemuan berikutnya                                                                                                                                      
2)  siswa mendapat umpan balik dari guru                                                                                                                                                                                                                                                                         
3)  siswa mendengarkan rekaman yang berisi obrolan interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio,
4)  siswa menyimpulkan pembelajaran,                                                                                                                                                                           
5)  siswa menyimpulkan isi isu dari obrolan tersebut dan melaporkannya.                                                     
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KD tersebut yakni ....
A.  Sistematika penulisan teks
B.  Teks kisah ulang
C.  Struktur dan kaidah cerita
D.  Struktur dan kaidah teks kisah ulang  
8.   "Perhatikan langkah-langkah pembelajaran berikut!                                                                                                                                                                                                                                                 
1)  Siswa mendengarkan isu mengenai rencana aktivitas pada pertemuan berikutnya.                                                                                      
2)  Siswa mendapat umpan balik dari guru.                                                                                                                                                                                                                                                                  
3)  Siswa mendengarkan rekaman yang berisi obrolan interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio
4)  Siswa menyimpulkan pembelajaran,                                                                                                                                                                             
5)  Siswa menyimpulkan isi isu dari obrolan tersebut dan melaporkannya.
Susunlah langkah-langkah pembelajaran di atas menjadi sistematis.                                                  
A.  (3)-(4)-(2)-(5)-(1)
B.  (1)-(3)-(5)-(2)-(4)          
C.  (1)-(3)-(5)-(4)-(2)
D.  (3)-(5)-(2)-(4)-(1)
  
9.   Kompetensi Dasar             : Menulis karangan menurut topik tertentu
  dengan pola pengembangan deduktif dan induktif.

Langkah-Langkah Pembelajaran:
(1)    Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 4 – 5 orang secara acak.
(2)    Siswa diberi kiprah untuk mengobservasi perpustakaan, kantin, lapangan, kawasan parkir, ruang UKS, dan taman sekolah.
(3)    Sesuai dengan kelompoknya, siswa mengamati dan mendata isu menurut hasil pengalaman.
(4)    Siswa menulis kerangka karangan dan mengembangkannya menurut data observasi.
(5)    Siswa saling menukarkan karangan dan mengoreksi menurut rubrik penilaian yang disediakan guru.
Pendekatan yang sempurna untuk pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar dan langkah-langkah pembelajaran di atas yakni ....
A.  kontekstual
B.  konstruktivisme
C.  whole language
D.  saintifik
10.   Pak Delvi Iskandar akan membelajarkan siswa SMK keterampilan menulis bebas dengan tema “Kebersihan Lingkungan”.  Dia berharap sesudah pembelajaran, siswa sanggup menulis teks Narasi dengan pilihan kata yang tepat.  Materi-materi pembelajaran berikut ini yang sanggup dikatakan kreatif sesuai tingkat perkembangan siswanya yakni ....
A.  Gambar dan teks lingkungan kota yang hijau
B.  Gambar dan teks perihal lingkungan sungai
C.  Gambar dan teks perihal potret sosial di desa
D.  Gambar dan teks perihal situasi di jalan raya

0 Response to "Latihan Soal Tes Final Pkb Kkd-2 Taktik Pembelajaran"

Total Pageviews