SOAL PERSIAPAN TES AKHIR KOMPETENSI PEDAGOGIK
KKB TEORI BELAJAR
KKB TEORI BELAJAR
A. Evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan menentukan salah satu pilihan A, B, C, atau D!
1. Menurut UU No. 20 tahun 2003 wacana Sisdiknas pasal 1 ayat 20, berguru yaitu …
A. proses mengubah jati diri seseorang
B. aktivitas yang dilakukan seseorang
C. pengalaman atau training seseorang
D. semua acara mental seseorang
2. Teori berguru yang mendudukkan siswa sebagai individu yang pasif. Respons atau sikap tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau penyesuaian semata. Munculnya sikap akan semakin berpengaruh kalau diberikan penguatan dan akan menghilang kalau dikenai eksekusi merupakan pengertian dari teori belajar….
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivis
3. Anak memiliki dorongan untuk berbuat sesuatu, memiliki kemauan dan aspirasinnya sendiri. Belajar tidak sanggup dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak sanggup dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran….
A. Perhatian dan Motivasi
B. Keaktifan
C. Keterlibatan Langsung
D. Pengulangan
4. Teori belajar kognitif mulai berkembang pada era terakhir sebagai protes terhadap teori sikap yang yang telah berkembang sebelumnya. Peneliti yang mengembangkan teori kognitif ini yaitu ….
A. Bandura, Wielkeiwicks, Ausubel
B. Ausubel, Bruner,Bandura
C. Wielkeiwicks, Ausubel,Burner
D. Ausubel, Bruner, dan Gagne
5. Teori ini menggabungkan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut sanggup berjalan optimal. Kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang sanggup diaktifkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, sobat dan nilai-nilai budaya yang berkembang.Teori berguru ini disebut….
A. Teori Belajar Revolusi Sosiokultural
B. Teori Kecerdasan Ganda
C. Teori Belajar Sosial
D. Teori Pembelajaran Sosial
6. Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapat perhatian dari akseptor didik diharapkan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi.Teori ini tergolong aliran ….
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Konstruktivism
7. Berbagai prinsip belajar yang relatif berlaku umum sanggup dipakai sebagai dasar dalam pembelajaran. Prinsip tersebut yaitu ….
A. Perhatian dan motivasi
B. Keaktifan dan pandangan
C. Keterlibatan pribadi dan pandangan hidup
D. Pengulangan dan contoh individual
8. Paham behaviorisme yaitu paham yang mengemukakan bahwa proses berbahasa merupakan proses rangsang-tanggap (stimulus-respons) Paham tersebut termasuk aliran:
A. Strukturalisme
B. Deskriptif
C. Fungsional
D. nativisme
9. Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. “ Belajar hanya terjadi hanya apabila anak aktif mengalami sendiri”. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran …
A. Motivasi
B. keaktifan
C. tantangan
D. pengulangan
10. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan pandangan kaum strukturalis adalah…
A. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
B. Fokus perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
C. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan semantik.
D. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan sintaksis dan semantik.
Kunci Jawaban
No | Jawaban | No | Jawaban | No | Jawaban |
1 | A | 5 | B | 9 | B |
2 | A | 6 | C | 10 | A |
3 | C | 7 | A | ||
4 | D | 8 | A |
Sumber:
Wibowo, Hari,dkk. 2017. Teori Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, Hari,dkk. 2017. Teori Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
0 Response to "Soal Latihan Tes Simpulan Pkb Pedagogik Modul B Teori Belajar"