SOAL LATIHAN TES AKHIR PKB KKA PEDAGOGIK
1. | Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering memperlihatkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok, kali ini Pak Dema melaksanakan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi. Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada serpihan .... A. Kelenjar eksostrin B. Hormon testosteron C. Kelenjar endoktrin D. Struktur fisik |
2. | Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi problem yang mereka hadapi, kemudian problem itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan .... A. kemampuan kognitif B. kemampuan interaksional C. kemampuan integrasi diri D. kemampuan komunikatif |
3. | Seorang anak yang tidak bisa membangun kolaborasi dalam kelompok. Dia cenderung menguasai lembaga dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika sahabat lain berhasil mengendalikan diskusi, ia lebih menentukan bekerja mandiri. Anak menyerupai itu bermasalah dalam hal perkembangan .... A. kognitif interaksional B. sosial emosional C. moral spiritual D. sosial kognitif |
4. | Seorang anak yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan adab alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, kemudian menciptakan keputusan berdasarkan suatu aba-aba adab pribadi. Hal ini merupakan tumpuan sikap moral-spritual pada tahapan ... A. penalaran prakonvensional B. penalaran interkonvensional C. penalaran pascakonvensional D. penalaran konvensional |
5. | Salah satu faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual penerima didik ialah motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik ialah .... A. budaya dan kebiasaan B. harmonisasi keluarga C. daya tarik integrasi D. sifat positif dan kreatif |
6. | Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang lantaran matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai kendala pengembangan potensi berupa faktor .... A. intelegensi dan kognitif B. budaya dan pembiasaan C. keluarga dan lingkungan masyarakat D. emosional dan kepribadian |
7. | Seorang guru berusaha untuk memperlihatkan pembelajaran yang variatif kepada penerima didiknya. Dia ingin seluruh penerima didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh penerima didiknya. Kegiatan yang harus dilakukan guru biar terpenuhi harapannya tersebut ialah .... A. mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing penerima didiknya. B. mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru. C. membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya. D. mengumpulkan aneka macam sumber berguru sesuai keinginan guru. |
8. | Memaksimalkan acara ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal …. A. mengaktualisasikan diri B. penciptaan hubungan yang baik C. mengemukakan gagasan D. memformulasikan tindakan |
9. | Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan berguru penerima didik yang bersumber dari faktor sosial ialah … A. brainstorming B. wawancara C. angket D. sosiometri |
10. | Status pengetahuan dan keterampilan penerima didik kini untuk menuju ke status yang akan tiba yang diinginkan guru biar tercapai oleh penerima didik merupakan konsep dasar dari …. A. proses belajar B. kemajuan belajar C. bekal awal D. capaian belajar |
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
No | Kunci Jawaban |
1 | C |
2 | A |
3 | B |
4 | C |
5 | D |
6 | C |
7 | A |
8 | B |
9 | A |
10 | C |
Wibowo, Hari,dkk. 2017. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
0 Response to "Soal Persiapan Tes Tamat Pkb Modul A Pedagogik Karakteristik Akseptor Didik"